Manfaat Senyum Membuat Panjang Umur.



Assalamualaikum.

Aku baru baca sebuah artikel yang menarik untuk dibahas. Yaitu tentang senyuman. Panteng terus ya!

'Senyum membuat orang panjang umur?'
Ya. Percayalah bahwa senyum adalah salah satu rahasia untuk kita awet muda dan panjang umur. Semakin lebar senyuman kita, semakin banyak harapan untuk kita hidup lama. Hal ini membuktikan bahwa hidup yang bahagia dan selalu gembira menambah kualitas kesehatan dan harapan hidup.

Hubungan antara senyum dan panjang umur ini pun diungkapkan oleh seseorang peneliti yang dimuat pada jurnal psychological science. Beliau percaya semakin lebarnya senyum, dalamnya kerutan disekitar mata mencerminkan kehidupan yang positif.

Hal ini pernah diteliti oleh para ahli dari Wayne State University, Michigan, meneliti 230 foto orang-orang serta profilnya. Lalu para ahli tersebut mengelompokan mereka berdasarkan senyum. Ada orang tanpa senyum, senyum parsial (senyum yg hanya otot sekitar mulut saja yang aktif) dan senyum lebar (senyum lepas dengan pipi keatas, kerutan sekitar mata dan gigi yang terlihat).

Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa 184 orang yang berada di kelompot "tanpa senyum" meninggal di usia 72,9 tahun. Orang yang berada di kelompok senyum parsial harapan hidupnya mencapai 75 tahun, sedangkan yang tersenyum lebar memiliki harapan hidup mencapai 79,9 tahun, tujuh tahun lebih panjang dari orang yang 'jarang senyum'.

Para ahli juga menemukan 'senyum palsu' yang dilandasi ketidak ikhlasan dalam senyuman dipercaya tidak memberikan manfaat bagi tubuh. Senyum yang ikhlas selain dapat bermanfaat bagi diri sendiri, bermanfaat pula bagi orang sekitar yang melihat kita tersenyum bahagia, itu embuat kta secara tidak langsung membagi kebahagiaan kita kepada orang lain.

Maka dari itu senyumlah yang ikhlas mulai dari sekarang, lebaskan beban, dan selalu berfikr positif.
keep smile! :D

@nadyn_nadya


Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan dan persamaan antara Protista Mirip Jamur dan Jamur Sejati

Proses Pencernaan Makanan pada Manusia

DEMOKRASI

Sistem Bilangan pada komputer - TIK

Bab 2 Biologi - VIRUS

SISTEM PEMILIHAN UMUM : Keuntungan dan Kelemahan Sistem Distrik dan Proporsional

7 Kebiasaan Orang Menyambut Tahun Baru