DEMOKRASI



BAB IV
DEMOKRASI

Demokrasi berasal dari kata Yunani yaitu Demos berarti rakyat, Kratos/kratein berarti kekuasaan/ berkuasa. Dua kelompok aliran yang paling penting ialah :

  • Demokrasi Konstitusional
  • Demokrasi (Komunisme)

Di Indonesia, demokrasi yang dianut ialah Demokrasi Pancasila yang juga termasuk dalam konsep Demokrasi Konstitusional yang juga di cita-citakan warga negara Indonesia yang tertulis dalam UUD 1945 yang belum diamandemen. Sesudahnya peristiwa G 30 S/PKIpada tahun 1965 negara Indonesia tanpa disadari memasuki masa Demokrasi Terpimpin yang dipengaruhi oleh komunis PKI.
 Perbedaan fundamental dari demokrasi konstitusional dengan demokrasi yang didasari komunis ialah demokrasi konstitusional mencita-citakan pemerintah yang terbatas kekuasaannya, menjadi suatu Negara Hukum (Rechsstaat) yang tunduk kepada Rule of Law. Sebaliknya, demokrasi yang mendasarkan dirinya atas komunisme mencita-citakan pemerintah yang tidak boleh dibatasi kekuasaannya (machsstaat) dan yang bersifat totaliter.

# Catatan (Perkembangan demokrasi)
Ø  Abad Pertengahan(600-1600)
Ditandai oleh adanya :
1.      Magna Charta
Tonggak awal demokrasi modern ialah lahirnya Magna Charta yang merupakan piagam besar pada tahun 1215 oleh Raja Jhon dari Inggris yang berisikan tentang kesepakatan raja dengan bawahannya, untuk mengakui dan menjamin beberapa hak dan privileges dari bawahannya sebagai imbalannya untuk penyerahan dana keperluan perang dan sebagainya.
Pada masa itu, masyarakat beranggapan bahwa raja adalah perwujudan utusan Tuhan di muka bumi dan raja mempunyai hak absolutisme (kewenangan UU yang tidak terbatas)

2.      Renaisance
Renaisance sebagai aliran yang menghidupkan kembali minat akan kajian kesusastraan dan kebudayaan Yunani Kuno  yang hancur bersama kehancuran Kaisar Romawi.

3.      Reformasi

Ø  Abad Pemikiran / Aufklarung (1650-1800)
Pada masa ini ditandai dengan lahirnya filsuf modern seperti Jhon Lock & Montesque karena pada abad ini merupakan suatu aliran yang yang ingin memerdekakan pikiran manusia dari batas-batas dan mendasarkan pemikiran atas akal (ratio) semata-mata.

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan dan persamaan antara Protista Mirip Jamur dan Jamur Sejati

Proses Pencernaan Makanan pada Manusia

Sistem Bilangan pada komputer - TIK

Bab 2 Biologi - VIRUS

SISTEM PEMILIHAN UMUM : Keuntungan dan Kelemahan Sistem Distrik dan Proporsional

Bab 1 - Hakikat bangsa dan Negara