Proses Pencernaan Makanan pada Manusia



Assalamualaikum.Wr,Wb.

Balik lagi ke pelajaran biologi nih, materi sistem pencernaan. Kita bahas sebagian nikmat yang Tuhan berikan kepada kita, dan kita mempelajarinya sebagai rasa syukur kita kepada-Nya.. Read gais!

Proses pencernaan makanan yaitu proses penyederhanaan bahan makanan yang berupa zat makanan seperti KarProtLem baik secara mekanis maupun kimia menjadi zat gizi seperti gliserol, asam amino dsb.

Urutan organ dalam sistem pencernaan :
1.  Mulut
2. Kerongkongan
3. Lambung
4. Usus Halus (+ hati)
5. Usus Besar
6. Anus


Secara singkat:

  • Makanan masuk kedalam mulult dan diproses secara mekanis oleh gigi dan air liur, selanjutnya makanan mengallami proses kimiawi yaitu air liur yang mengandung ptialin mengubah karbohidrat menjadi glukosa.
  • Lalu makanan masuk ke lambung dibantu oleh gerakan peristaltik dalam tenggorokan. Makanan tersebut mengalami proses kimiawi oleh getah lambung. Lmabung mengeluarkan HCL yang mengaktifkan enzim pepsinogen menjadi pepsin (mengubah protein menjadi peptida), enzim renin (mengubah protein susu menjadi kasein), enzim lipase (mengemulsikan lemak). Setelah itu, makanan bercampur dengan getah lambung dan membentuk 'khim' seperti bubur yang lembut.
  • Lalu Makanan masuk ke usus halus dan  makanan kembali mengalami proses kimiawi.Karbohidrat menjadi glukosa, Protein menjadi Asam Amino dan Lemak menjadi Asam Lemak dan Gliserol. Terdapat 3 kelenjar yang mengeluarkan enzim yaitu : 
Kelenjar Pankreas mengeluarkan enzim maltase (mengubah maltosa menjadi glukosa + glukosa), enzim sukrase (mengubah sukrosa menjadi fruktosa + glukosa), enzim laktase (mengubah laktosa menjadi galaktosa + glukosa), dan enzim tripsinogen yang diaktifkan oleh Enterokinase menjadi tripsin (mengubah pepton menjadi asam amino)
Kelenjar Ampedu mengeluarkan enzim lipase (mengemulsikan lemak)
Kelenjar Diding Usus Halus mengeluarkan enzim maltase, sukrase, laktase (mengubah karbohidrat), enzim erepsinogen (diaktifkan oleh enetrokinase menjadi erepsin), dan enzim lipase (mengubah lemak).

  • Lalu makanan masuk ke usus  besar dan mengalami penyerapan air dan beberapa garam mineral. Di dalam usus besar makanan sudah berbentuk ampas. Adanya bakteri saprofit E.Coli menyebabkan ampas dalam bentuk ampas yang dikeluarkan melalui anus denganbantuan tekanan Gastrokolik.
Sekian ulasan materi sistem pencernaan manusianya. jangan lupa bersyukur dan selalu menjaga kesehatan agar sistem yang ada didalam tubuh bisa bekerja dengan sempurna.
Salam sehat dan Wassalam. 

@nadyn_nadya




Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan dan persamaan antara Protista Mirip Jamur dan Jamur Sejati

DEMOKRASI

Sistem Bilangan pada komputer - TIK

Bab 2 Biologi - VIRUS

SISTEM PEMILIHAN UMUM : Keuntungan dan Kelemahan Sistem Distrik dan Proporsional

Bab 1 - Hakikat bangsa dan Negara