Perkembangan agama islam di Indonesia.



Assalamualaikum.wr.wb.

Wajib tau deh kalo kalian muslim. Perkembangan agama islam di Indonesia. Masih dalam ruang lingkup mata pelajaran sekolah, yaitu pelajaran Sejarah umum yang memang wajib kalian ketahui.
Read ya!




Agama islam lahir di tanah arab ( Makkah ) dan disiarkan oleh Nabi Muhammad SAW.
Ketika Islam datang di Indonesia, berbagai agama dan kepercayaan seperti animisme, dinamisme, Hindu dan Budha, sudah banyak dianut oleh bangsa Indonesia bahkan dibeberapa wilayah kepulauan Indonesia telah berdiri kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu dan Budha. Tapi Islam datang ke Indonesia dapat diterima dengan baik, karena Islam datang dengan membawa prinsip-prinsip perdamaian, persamaan antara manusia (tidak ada kasta), menghilangkan perbudakan dan yang paling penting juga adalah masuk kedalam Islam sangat mudah hanya dengan membaca dua kalimah syahadat dan tidak ada paksaan

 Cara agama islam masuk ke Indonesia ada beberapa cara / jalur, yaitu :

1. Perdagangan


Jalur ini dimungkinkan karena orang-orang melayu telah lama menjalin kontak dagang dengan orang Arab. Apalagi setelah berdirinya kerajaan Islam seperti kerajaan Islam Malaka dan kerajaan Samudra Pasai di Aceh, maka makin ramailah para ulama dan pedagang Arab datang ke Nusantara (Indonesia).Sambil berdagang dan mencari keuntungan, pada pedagang arab pun sambil menyiarkan agama islam. Jalur pergadangan semakin luas, maka islam pun menyebar dengan pesat ke Indonesia.

2. Kesenian

Jalur kesenian ini ciptakan oleh para wali sanga yang berada di pulau Jawa. Seperti Sunan Kali Jaga dengan pengembangan kesenian wayang. Beliau mengembangkan wayang kulit, mengisi wayang yang bertema Hindu dengan ajaran Islam. Sunan Muria dengan pengembangan gamelannya.  Sedang Sunan Giri menciptakan banyak sekali mainan anak-anak, seperti jalungan, jamuran, ilir-ilir dan cublak suweng dan lain-lain. Dan semua kesenian itu di gemari oleh masyarakat Indonesia dan sampai sekarang masih diminati. Karena kesenian itulah ajaran islam meluas hingga ke pelosok daerah.

3. Pendidikan

Pendidikan agama islam dibawa oleh para ulama / kiyai dan para sultan/raja pada kerajaan Islam seperti kerajaan Demak pada saat itu. Hal yang paling strategis yaitu dengan didirikannya pesantren. Jalur ini sangat efektif untuk menyebarkan ajaran islam, dan mendidik serta melahirkan orang-orang yang mempunyai bekal agama islam.

4. Politik

Artinya penyebaran Islam di Nusantara, tidak terlepas dari dukungan yang kuat dari para Sultan. Di pulau Jawa, misalnya keSultanan Demak, merupakan pusat dakwah dan menjadi pelindung perkembangan Islam. Dan para Sultan di seluruh Nusantara melakukan komunikasi, bahu membahu dan tolong menolong dalam melindungi dakwah Islam di Nusantara. Keadaan ini menjadi cikal bakal tumbuhnya negara nasional Indonesia dimasa mendatang.

Subhanallah, dengan usaha yang keras, Islam pun sekarang menjadi agama yang banyak diyakini di Indonesia. Ikutilah ajarannya, jauhi larangannya, dan tetap meneladani rasul serta berlindung kepada Allah swt.

@nadyn_nadya




Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan dan persamaan antara Protista Mirip Jamur dan Jamur Sejati

Proses Pencernaan Makanan pada Manusia

DEMOKRASI

Sistem Bilangan pada komputer - TIK

Bab 2 Biologi - VIRUS

SISTEM PEMILIHAN UMUM : Keuntungan dan Kelemahan Sistem Distrik dan Proporsional

Bab 1 - Hakikat bangsa dan Negara