Menanggulangi sampah dengan 3R

Assalamualaikum

Demi mendukung program pemerintah, dan membantu Pa SBY dan Pa Jokowi untuk merubah dunia terutama Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya dan penggunaan plastik yang cukup banyak, menyebabkan pemandangan yang Indah di Indonesia kurang terlihat karena sampah.

Kalian pernah mendengan 3R ?
Yap.. yaitu Reuse, Reduce, Recycle.

Kita bahas ya !
  1. Reuse yang artinya Menggunakan kembali sampah yang masih bisa digunakan. Contohnya kertas yang belum sepenuhnya di coret, bisa digunakan kembali dengan menggunakan sisi yang masih kosog untuk keperluan lain, contohnya mengotret atau membuat catatan kecil. Cara ini bisa menghemat penghasilan sampah setiap harinya.
  2. Reduce artinya Mengurangi sampah. Contohnya memilih barang yang dapat diisi ulang, mengurangi pemakaian barang sekali pakai, memilih produk yang dapat di daur ulang. Cara ini menuntut kita untuk berpikiran rasional untuk memilih barang yang akan kita beli / pakai.
  3. Recycle artinya Daur Ulang sampah. Hal ini sudah banyak dilakukan penyuluhan disetiap sekolah, Seperti memilah sampah organik dan anorganik. Mengubah sampah Basah (organik) menjadi pupuk kompos, dan menjadikan sampah anorganik lebih berguna lagi, Contohnya Kertas menjadi kertas daur ulang, Kemasan produk bisa dijadikan kerajinan, dsb.
Aku yakin kalian pasti sudah mengetahui hal ini, Catatan terpentingnya adalah : BUANGLAH SAMPAH PADA TEMPATNYA yaitu Tong Sampah Dan Pilahlah Sampah Organik dan Anorganik agar mudah untuk di manfaatkannya kembali.

Bagi yang hidup di daerah dataran tinggi, jika tidak bisa mendaur ulang sampah kering, bisa dengan dibakar. Oh iya ! jangan sampai kalian buang sampah ke Sungai ya !
Perbuatan itu lambat laun akan mengakibatkan bencana yang dapat menghasilkan korban.! Dan bagi yang beragama Islam Allah SWT sangat menghargai perbuatan sekecil apapun, termasuk membuang sampah pada tempatnya. Walau hanya bungkus permen, jika kita buang ke tempat sampah berarti kita sudah :
  1. Menambah Pahala
  2. Menyelamatkan lingkungan
  3. Menyelamatkan manusia.
Subhanallah, hanya butuh beberapa detik dengan membuang sampah kita dapat menciptakan 3 kebaikan sekaligus. hebat kan ! Makannya Ayo !! Mulai peduli dengan lingkungan sekitar, Bersahabatlah dengan alam, maka alam akan memberikan kita kebahagiaan.

:) Wassalam..
@nadyn_nadya
  

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan dan persamaan antara Protista Mirip Jamur dan Jamur Sejati

Proses Pencernaan Makanan pada Manusia

DEMOKRASI

Sistem Bilangan pada komputer - TIK

Bab 2 Biologi - VIRUS

SISTEM PEMILIHAN UMUM : Keuntungan dan Kelemahan Sistem Distrik dan Proporsional

Bab 1 - Hakikat bangsa dan Negara