Kelainan Pada Sistem Pernafasan



    Sistem pernafasan manusia bisa mengalami gangguan atau kelainan karena sebab tertentu, bisa oleh kuman, faktor bawaan ataupun kebiasaan hidup yang salah.

1. Asma

Sebagian besar penyebab penyakit ini merupakan penyakit bawaan. Kambuhnya penyakit ini antara lain karena udara kotor, udara dingin, alergi sesuatu benda,  ataupun streess. Ketika kambuh, otot-otot bronkusnya berkontraksi sehingga akan mengakibatkan penyempitan saluran pernapasan. Gejala penyakit ini adalah sulit bernafas, bunyi nafas mendesah dan batuk-batuk.


2. Bronkitis

Bronkitis terjadi karena adanya radang pada selaput lendir, trakea, dan saluran bronkia. Gejala yang mengiringi penyakit ini, antara lain demam dada terasa nyeri, dan mengalami batuk.




3. Sinusitis

Penyakit ini terjadi akibat peradangan yang terjadi pada sebelah atas rongga hidung (sinus paranasalis). Gejalanya berupa hidung tersumbat, ingus berbau, berwarna kuning hijau, dan sakit di daerah sinus yang terserang.



4. Tuberculosis (TBC)

TBC termasuk penyakit menular. Penyakit ini disebabkan karena bakteri Mycobacterium tuberculosaI. Seseorang yang menderita penyakit ini akan mengalami peradangan pada dinding alveolus sehingga difusi O2 akan terganggu.






5. Emfisema

Pada penderita efisema, pada bagian alveolus robek, akibatknya pertukarang gas ke bagian-bagian alveolus terganggu dan  daerah pertukaran gas menjadi lebih sempit.




6. Pneumonia

Pada penderita penyakit ini bagian alveolus terisi banyak lendir yang disebabkan terinfeksinya dinding alveolus oleh bakteri.




Dan masih banyak lagi.  Maka dari itu jagalah kesehatan karena kesehatan mahal harganya.

@nadyn_nadya





Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan dan persamaan antara Protista Mirip Jamur dan Jamur Sejati

Proses Pencernaan Makanan pada Manusia

DEMOKRASI

Sistem Bilangan pada komputer - TIK

Bab 2 Biologi - VIRUS

SISTEM PEMILIHAN UMUM : Keuntungan dan Kelemahan Sistem Distrik dan Proporsional

Bab 1 - Hakikat bangsa dan Negara